Keindahan Wisata Air Terjun Coban Talun yang Memudar

Wisata air terjun ialah salah satu wahana wisata air yang sangatdigemari oleh semua pengunjung/wisatawan salah satunya ialah Air terjun coban talun, Air terjun ini berada di area wisata Bumi Perkemahan Coban Talun di lereng barat Gunung Arjuna – Welirang. Tepatnya terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Propinsi Jawa Timur. Peta dan Koordinat Air Terjun Coban talun ialah GPS: 7° 48′ 17.21″ S 112° 31′ 0.95″ E. dari kota malang melulu sekitar 30 km mengarah ke kearea wisata air terjun ini . Air terjun ini belum begitu familiar dan masih jarang pengunjung namun air terjun ini dulunya mempunyai keindahan yang luar biasa, semua mahasiswa penyuka alam yang terdapat di malangseringkali sering sekali berkemah di dekat wilayah air terjun Coban Talun ini, Coban ini memiliki elevasi sekitar 75 meter dengan diameter +/-15 meter dan pemandangan yang elok di dekat lokasinya, sebab selaindapat menikmati gemuruh deburan air terjun, juga dapat menyaksikan tidak sedikit pelangi di masing-masing sudut.

Untuk menuju tempat Coban Talun ini dari alun-alun Kota Batu denganmemungut arah ke Selecta – Cangar. Atau andai dari Surabaya bisa langsung memungut jalur Cangar melewati Trawas. Disarankan guna tidakmelewati jalur ini pada malam hari sebab tidak ada lampu penerangan jalan serta situasi jalan yang berliku-liku dengan turunan curam. Untuk yang memakai kendaraan umum bisa mengunakan angkot jurusan cocok dengandestinasi ke Selecta.

 

Wisata Air Terjun
Wisata Air Terjun

 

Menurut https://828bet.net/ Kondisi jalan menunju tempat air terjun Coban Talun kini sudah aspal tetapi masih terdapat tidak banyak kerusakan, sesudah sampai di gerbang tempat kendaraan dapat diparkirkan di sekian banyak sudut areal parkir yang beralaskan rumput. Selanjutnya setelah melalui gerbang tempat wisata, situasi jalan berganti menjadi jalan setapak yang mempunyai kemiringan yang lumayan tinggi berupa tanah yang sempit, licin dan curam. Sementara di kiri kanan jalan setapak sepanjang 2 km tersebut dikelilingi dengan jurang. Sesekali mesti berpegangan dahan dan rumput binal yang merimbuni jalanan setapak. Perjalanan ini bakal memakan waktu selama 30-60 menit perjalanan. trek yang tidak banyak berlumpur dan jalan yang lumayan menurun bakal menyulitkan semua wisatawan. Jadi,tetap dibutuhkan kehati-hatian dan tenaga tambahan untuk dapat menjangkau air terjun Coban Talun tersebut.

Kondisi Alam selama Air Terjun Coban Talun ketika ini
Dahulu air terjun Coban talun sangat digemari oleh semua pecinta alam,baik di musim kemarau atau di musim penghujan debit air terjun tetap stabil,hutan – hutan pinus di area bumi perkemahan di sekitarnya pun menghijau dan menyejukkan sekitar lokasi perkemahan. Sumber – sumber airdi dekat gunung Arjuno– Welirang mengalir sampai area pemukiman pendudukkampung Junggo dan sekitarnya, bahkan sumber – sumber air itu di manfaatkan untuk keperluan konsumsi warga dan kegiatan pertanian.

Kondisi alam yang sangat estetis dan asri serta sejuknya alam pedesaan sangat unik wisatawan untuk berangjangsana di area Air terjun Coban Talun, situasi seperti ini sangat bertolak belakang dengan situasi sekarang, pada ketika musim kemarau didaerah Air Terjun Coban Talun tidak banyak sekali air disana, sumber – sumber air di sekitarnya kering danmelulu menyisakan rembesan air yang debitnya kecil, bahkan beberapa hutan – hutan pinus bukan lagi berjejer rapat laksana dulu,beberapaunsur kawasan di dekat air terjun Coban Talun juga tidak sedikit di penuhi sampah – sampah makanan yang dilemparkan sembarangan.

KONDISI AIR TERJUN COBAN TALUN SAAT INI AIR TERJUNNYA TINGGAL REMBESAN TANPA ADA TERJUNAN
Sebagian hutan pinus yang terdapat di area air terjun Coban Talunpulang menjadi area perkebunan yang di kelola masyarakat guna menanamsekian banyak tumbuhan holtikultura, keadaan dingin yang dulu masing-masing hari di rasakan warga mulai memudar, ketika musim kemarau sebagian warga malah kelemahan air bersih, semua petani pun kesulitan dalam menemukan air guna lahan pertaniaannya,

Degradasi lingkungan di dekat Air Terjun Coban Talun sangat dominan terhadap area di sekitarnya, sumber – sumber air yang dulunya menjadi asset untuk kawasan di dekat Air Terjun mulai berkurang debitnyalagipula disaat musim kemarau, hutan – hutan pinus yang dulunya sebagaidi antara tujuan wisata sekarang mulai berubah faedah menjadi lokasi perkebunan dan sungai yang dulunya mengalir paling deras dan bening sekarang di musim kemarau menjadi kering kerontang yang tertinggal melulu batu – batu besar di area itu.

Perubahan – evolusi yang terjadi di area Air terjun Coban Talunmenciptakan sebagian wisatawan kecewa ketika berangjangsana kesana, perjalanan jauh yang ditempuh dengan menaiki lereng – lereng gunung yang terjal dan licin tidak bisa tergantikan dengan pemandangan alam yang di harapkan, Air terjun yang dulunya sangat estetis dan suara gemuruhnyapaling keras sekarang yang tertinggal melulu area yang di penuhi sampah dan batu – batu besar.

Disini Penulis bercita-cita kedepannya untuk semua pihak yang membacatulisan ini seandainya dapat menolong dan menghijaukan pulang kawasandi dekat air Terjun Coban Talun,dan tidak melemparkan sampai di lokasi tersebut, Air Terjun Coban Talun ialah asset buat anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *