Makanan Khas Sumatera Barat dan Penjelasannya

Sudah diketahui bareng bahwa masakan Padang punya tidak sedikit rumah makannya sendiri di sekian banyak daerah di Indonesia, bahkan luar negeri. Padang sendiri ialah salah satu distrik di Sumatera Barat yangpun terkenal dengan makanan berbahan dasar daging dan santan. Soal rasa, masyarakat Minangkabau lebih menyenangi rasa pedas, sehingga banyak sekali masakannya ialah bercita rasa pedas.

Bila anda mencoba untuk memahami makanan apa saja yang endemik dari Sumatera, maka kami telah menyerahkan 27 daftarnya. Tidak melulu menambah wawasan, kedua puluh tujuh makanan persembahan —– ini dapat menjadi referensi anda saat berangjangsana ke provinsi dengan semboyan Tuah Sakato tersebut. Inilah ke-27 susunan makanan khas Sumatera Barat yang disertai dengan gambar, keterangan, dan penjelasannya.

 

  1. Kacimuih
 Khas Sumatera Barat
Khas Sumatera Barat

Olahan khas Sumatera Barat lumayan melimpah, yang kesatu terdapat kacimuih. Walaupun diciptakan dengan bahan dasar singkong yang ingin ‘ndeso’, tetapi setelah jadi kacimuih maka rasanya bakal berbeda. Pembuatannya dilaksanakan dengan bahan singkong, gula (bisa gula putihdapat gula merah), dan parutan kelapa. Bentuknya sendiri terbilang sederhana, ketela pohon tadi bakal ditumpuk dengan kelapa parut maupun gula. Namun rasanya akan paling nikmat di mulut, terdapat rasa gurihnya parutan kelapa maupun manisnya gula.

Menurut situs Betwin188 pembuatannya pun tidaklah sulit, yakni lumayan dengan menyiapkan singkong yang sudah terkupas, gula aren atau gula pasir, parutan kelapa, garam, dan vanilli. Singkong yang sudah bersih nantinya bakal diparut agak kasar kemudian langsung dapat dikukus. Selain tersebut ada pulaekstra garam dan vanilli guna memberi rasa pada singkong. Kira-kira,sekitar 20 menit, hasil kukusan telah matang dan sudah dapat diangkatguna disajikan bareng parutan kelapa dan gula putih.

Di samping gula putih, kacimuih juga dapat dimakan dengan gula aren. Untuk pemakaian gula aren agak berbeda, sebab kelapa parut me stidimasak dulu, sementara gulanya me sti telah cair, baru dapat ditaruh di atasnya. Harga guna satu porsinya lumayan terjangkau, duit 3 ribuhingga 5 ribu rupiah sudah lumayan untuk membelinya.

  1. Gajeboh
 Khas Sumatera Barat
Khas Sumatera Barat

Di samping Rendang, di ibukota Sumatera Barat, Padang, pun ada olahan lain mempunyai nama gulai gajeboh atau dinamakan pula sandung lamur. Bahan utama pembuatannya ialah daging sapi pada unsur punuk, sehinggaseringkali akan terdapat tidak sedikit gajih (lemak). Namun kerena itulah bakal ada 3 varian rasa andai menikmatinya, yaitu rasa gurih yang biasa saja, karena daging lebih tidak sedikit dari lemak. Laluterdapat rasa gurih normal yang bakal timbul ketika gajih lebih tidak sedikit dari daging, sedang yang ketiga paling gurih karena melulu ada gajih saja dalam porsinya. Walaupun banyak sekali antara gajih dengan daging perbandingannya 3:1, sampai-sampai rasanya condong ke gurih.

Sesuai namanya, makanan khas Sumatera Barat ini pun punya kuah laksana gulai pada umumnya. Kuah yang digunakan ialah asam pareh, tetapi disajikan tanpa santan sedikitpun, sampai-sampai tampilannya bakal memerah. Di samping rasa gurih, berkat kuah itu maka bakal ada cita rasa pedas yang timbul. Bahkan berkat perpaduan antara kuah dengan banyaknya lemak, tidak sedikit yang menuliskan bahwa gajeboh ialah makanan sangat lezat. Namun paling tidak disarankan untuk penderita kolesterol tinggi, sebab makanan dengan harga mulai dari Rp. 23.500 plus nasi ini, dapat membuat tengkuk terasa berat. Bagi mendapatkannya, kunjungi saja Rumah Makan Lamun Ombak di Padang atau yang di Jakartaterdapat Rumah Makan Sepakat.

  1. Asem Pandeh Daging
 Khas Sumatera Barat
Khas Sumatera Barat

Dari namanya saja, telah terlihat bahwa asem pandeh daging diciptakan dengan bahan dasar daging, khususnya daging sapi. Walupun kini tidak sedikit rumah santap yang mencoba menciptakan asem pandeh dari daging ikan maupun daging ayam, jadi tidak melulu daging sapi saja. Sesuaimakna namanya yang berarti asam pedas, rasanya pun begitu, asam pedas, karena diciptakan dengan cabai yang dominan, dan terdapat asam kandis. Jika diciptakan dengan daging sapi, penampilannya bakal sangat serupa dengan rendang, sebab warna dagingnya yang cokelat, dengan tidak banyak kuah menyertainya. Bagi lebih mempercantik tampilan, seringkali akandiperbanyak dengan irisan tomat di atasnya.

Bahkan makanan ini sering disajikan ketika acara-acara adat yang sakral, sebut saja saat saat acara pernikahan, yang disajikan untuk semua tamu dan undangan. Pembuatan makanan ini melulu perlu membaur bumbu halus berupa bawang merah dan bawang putih dengan daging, bahkan diperbanyak lagi dengan cabai merah, jahe, asam kandis, dan tomat yang sudah dimemarkan. Setelah didiamkan sekitar 30 menit, baru gabungan tersebut sudah dapat digoreng hingga warnanya kecokelatan. Setalah matang, makatelah siap disajikan bareng nasi, bila hendak membelinya, datang saja ke rumah santap di ranah Minang sebab cukup tidak sedikit yang menjualnya.

  1. Lompong Sagu
 Khas Sumatera Barat
Khas Sumatera Barat

Salah satu jenis kue yang langka ditemui ialah kue dengan nama lompong sagu. Bahan yang dipakai untuk menciptakan lompong sagu ialah tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja. Makanan tradisional Sumatera Barat ini berasal dari wilayah Minang dengan rasa berpengaruh manis dan ada wewangian khas pemanggangan. Bentuknya sendiri paling unik, setelah berlalu dipanggang, seringkali akan disajikan di atas piring dengan format kotak hasil potongan, dapat juga diberi taburan parutan kelapa.

Sedangkan penciptaan kue ini ialah dengan teknik mencampurkan bahannya seperti, pisang kepok yang telah dihaluskan, tepung sagu, kelapa parut, gula merah halus, serta air secukupnya. Aduk adonan itu sampai benar-benar merata, lantas masukkan adonan ke daun pisang sebesar 2 sendoksantap adonan guna dibungkus. Kedua ujungnya, kunci saja dengan lidi,sampai-sampai akan dengan gampang dipanggang. Saat dipanggang, bolak-balik bungkusannya hingga benar-benar matang. Setelah matang, lompong sagu dapat disajikan dengan memotongnya menjadi sejumlah bagian guna dihiasi parutan kelapa atau memakannya secara langsung ketika masih hangat.

  1. Sate Padang
Khas Sumatera Barat
Khas Sumatera Barat

Di samping nasi padang yang telah terkenal, ada pun makanan khas Sumatera Barat lain mempunyai nama sate padang yang terkenal sampai Sumatera Utara Olahan sate khas kota Padang tersebut diciptakan menggunakan daging sapi, bahkan terdapat lidah sapinya yang diberi kuah khasnya. Sebenarnya tidak melulu daging dan lidah sapi, tetapi ada pula bahan beda yang kerap dipakai seperti jeroan berupa jantung, usus, dan paru. Sedangkan guna bumbu yang digunakan ialah bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, jahe, cabai merah, dan bumbu lainnya. Bumbu-bumbuitu dimasak dengan kaldu sapi, lantas akan diperbanyak dengan tepung beras supaya lebih kental.

Biasanya penjaja yang kerap didatangi di pinggir jalan, bakal menjajakannya dengan irisan ketupat yang tertutup bumbu kuahnya. Hal inisebab bumbu kuah yang diserahkan sangatlah tidak sedikit yang menutupi ketupat di bawahnya, sampai-sampai akan semakin nikmat rasanya. Rasa pedas dan gurih bakal langsung hadir di mulut ketika mengonsumsi satenya yang empuk. Sedangkan wewangian yang bakal timbul bila menghirupnya bakal tercium wewangian kunyit dan serainya yang khas. Halberikut yang menciptakan jenis sate ini tidak sedikit peminatnya, bahkan hingga ke luar Padang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *